Tipologi Pers Berdasarkan Kualitas

Tipologi Pers Berdasarkan Kualitas

Tipologi Pers Berdasarkan Kualitas
(Ilustrasi: Google)
Jurnalistik | Pena Fajar
Zaman sekarang dunia pers sudah berkembang sangat pesat. Banjir informai sudah tidak bisa dibendung lagi. Luapan informasi datang dari segala penjuru, tak salah jika ada yang menyebutkan zaman ini ebagai era teknologi dan informasi. Nah, bagaimana dengan pers? Tentu saja pers juga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Munculnya berbagai jenis surat kabar, majalah dan berbagai media pers lainnya menandakan bahwa zaman ini adalah benar-benar zaman informasi. Di tengah banjir informasi dan lupan berita ini ternyata pers dapat dipetakan berdasarkan kualitasnya. Pers yang berkembang layaknya perusahaan komersial ternyata memiliki klasifikasi tertentu, berikut klasifikasi pers berdasarkan kualitasnya.


1.      Pers Berkualitas
Dari sekian banyak jenis pers tentu ada pers yang masih sangat mengutamakan kualitas di atas segalanya. Walaupun tidak melupakan unsur komersial, kualitas tetaplah nomor wahid bagi pers ini. Biasanya sasaran dari per jenis ini adala mereka dari strata sosial yang tinggi seperti kalangar terpelajar. Secara keseluruhan pers jenis ini ditunjukan untuk  mereka yang menengah ke atas. Pers jenis ini biasanya bersifat nasional dan memiliki manajemen yang baik.


2. Pers Populer
Pers populer memilih penyajian yang populer dan mudah dipahami khalayak ramai. Sedikit berbeda dengan per berkualitas, pers populer lebih ringan dari segi penyajiaannya. Pada dasarnya jenis pers ini paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat namun demikian pers ini tidak seberat pers berkualitas. Pers  jenis ini sangat mementingkan pembaca agar mengerti dan paham terhadap berita yang disajikan. Pers ini juga banyak memuat informasi dan rekreasi sampai hiburan kepada masyarakat.

3.  Pers Kuning
Pers jenis ini juga tumbuh subur di era informasi seperti sekarang ini. Pers jenis ini lebih banyak memuat informasi yang terkesan kepada hal-hal yang bombastis. Pemakaian judul yang sangat menggoda pembaca merupakan ciri dari pers ini. Pers kuning kerap memuat berita yang terkesan cabul dan sadis dan tentu saja berita seperti inilah yang sangat menggoda para pembaca. Pers jenis ini sering dianggap sebagai pers yang terkesan berselera rendah.

Dari ketiga tipologi di atas tentu ada jenis pers yang menggabungkan ketiganya atau hanya menggabungkan antara pers berkualitas dan populer. Artinya penggolongan di atas tidak bersifat mutlak karena pada dasarnya yang memberikan jenis tipologi di atas adalah pembaca itu sendiri. Dan ciri-ciri dari ketiga tipologi di atas pasti melekat dan ada dalam suatu pers.
Share on Google Plus

About Unknown

Blog ini mencoba merekam jejak yang terlalu cepat punah.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Kak boleh minta tolong berikan contoh media Pers penerbit Pers Populer? Terimakasih 🙏

    ReplyDelete